Senin, 11 Juni 2012

Kini, Tak Hanya Sekedar Teori


Sebagai seorang mahasiswa, aktifitas penelitian merupakan budaya intelektual yang secara sadar menjadi amanah didalam diri sebagai salah satu bentuk gerakan ilmiah mahasiswa. Bentuk penelitian berupa tugas akhir maupun skripsi mahasiswa S-1 UIN Alauddin Makassar yang sudah melimpah merupakan karya yang dihasilkan untuk pengembangan masyarakat dalam menjawab tantangan globalisasi. Tak perlu kita ragukan lagi hasil penelitian mahasiswa menunjukkan perkembangan yang pesat sehingga hampir disegala bidang termuat solusi-solusi cerdas yang dimunculkan.
Di dalam Tri Darma Perguruan Tinggi terkandung tugas kampus sebagai fasilitator Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kampus sebagai pusat pengembangan pendidikan tentunya banyak menampung ide kreatifitas yang muncul melalui penelitian, sehingga hasil penelitian itu dapat di jadikan sebagai alat untuk mengabdi kepada masyarakat. Maka segala wacana maupun riset yang berkembang di dalam kampus baik melalui seminar, diskusi, dialog sudah semestinya menjadi solusi
dalam menjawab tantangan dalam kehidupan masyarakat saat ini dan sekali lagi bukan sekedar wacana. Tentunya mahasiswa mampu memposisikan diri sebagai bagian dari masyarakat sehinga dapat mengetahui tantangan yang terjadi pada masyarakat menengah dan masyarakat bawah. Dengan adanya pendekatan seperti itu dapat memberikan referensi dasar untuk membangun sebuah karya yang berguna bagi masyarakat.
Kondisi yang perlu di sikapi saat ini, banyaknya karya tulis ilmiah yang hanya tertampung didalam perpustakaan yang tidak dipergunakan sebagai referensi untuk mengembangkan atau mengaplikasikan riset tersebut. Disinilah dituntut peran mahasiswa maupun perguruan tinggi untuk memaksimalkan hasil penelitian untuk diberdayakan dalam menjawab tuntutan globalisasi.
Ilmu dan pengetahuan yang didapatkan di bangku kuliah harusnya menjadi motivasi mahasiswa untuk berkarya dan mengabdi kepada masyarakat, sebab kampus di negeri ini hanya banyak teori tapi aplikasi tidak ada. Maka kini mahasiswa tak sekedar belajar teori namun beraktualisasi dengan karyanya. 

Penulis : Irsan ( 12 Juni 2012/22.30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar